_My Blog_

01 Februari 2010

"PEMBELAJARAN DIRI TENTANG NILAI ARTI KEHIDUPAN"

Setelah saya berada disebuah pedesaan yang sangat tenang, sejuk, jauh dari hiruk pikuk kota Jakarta yang hedonis, penuh sesak dan kemunafikan.Tepatnya dikampung halaman ke-2 orang tua saya didaerah Purbalingga Ja-Teng Lebaran 2009 lalu. Saya berfikir setelah membaca sebuah artikel pada sebuah majalah People Asia yang berisi tentang pembelajaran diri.

Saya bukanlah siapa-siapa dimata TUHAN,jika saya sebuah bilangan maka saya adalah angka nol ( 0 ).Saya hanyalah makhluk kecil yang harus banyak belajar tentang sebuah nilai arti kehidupan.Betapa mudahnya manusia mengucapkan sebuah janji yang belum tentu dia dapat mewujudkannya.Betapa mudahnya manusia berbuat sesuatu hal yang belum tentu ia dapat mempertanggung jawabkannya. Tanpa ia menyadarinya terlebih dahulu.
 
Betapa bodohnya sebuah tindakan yang tidak difikirkan secara matang terlebih dahulu. Hargailah yang memang sepatutnya pantas untuk  dihargai. Sayangilah yang memang sepatutnya pantas untuk disayangi. Cintailah yang memang sepatutnya pantas untuk dicintai. 

Meskipun hasilnya belum maksimal,paling tidak saya belajar dan terus berusaha untuk semua ini. Untuk menjadi pribadi yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Saya menyadari,banyak orang yang terluka karna sikap dan perilaku saya selama ini dan tidak sedikit juga beberapa orang telah melukai hati dan perasaan saya.

Untuk semua ini Saya belajar :

•Bahwa saya tidak dapat memaksakan orang lain mencintai saya, saya hanya dapat melakukan sesuatu untuk orang yang saya cintai.

•Bahwa butuh waktu bertahun-tahun untuk membangun kepecayaan dan hanya beberapa detik saja untuk menghancurkannya.

•Bahwa sahabat terbaik bersama saya dapat melakukan banyak hal dan kami selalu memiliki waktu terbaik.

•Bahwa orang yang saya kira adalah orang yang jahat justru adalah orang yang membangkitkan semangat dalam hidup saya kembali serta orang yang begitu perhatian pada saya.

•Bahwa persahabatan sejati senantiasa bertumbuh walau dipisahkan oleh jarak yang jauh. Bahkan beberapa  diantaranya melahirkan cinta sejati.

•Bahwa jika seseorang tidak menunjukkan perhatian seperti yang saya inginkan bukan berarti bahwa dia tidak  mencintai saya.

•Bahwa sebaik-baiknya pasangan itu , mereka pasti pernah melukai perasaan saya, dan untuk itu saya harus memaafkannya.

•Bahwa saya harus banyak belajar mengampuni diri sendiri dan orang lain, kalau tidak mau dikuasai perasaan bersalah terus menerus.

•Bahwa lingkungan dapat mempengaruhi pribadi saya, dan saya harus bertanggung jawab untuk apa yang telah saya lakukan.

•Bahwa 2 manusia dapat melihat suatu benda , tapi kadang dari sudut pandang yang berbeda.

•Bahwa tidaklah penting memiliki apa yang saya miliki, tapi yang terpenting adalah siapa saya ini sebenarnya.

•Bahwa tidak ada yang instant atau serba cepat didunia ini. Semua butuh proses dan pertumbuhan kecuali saya ingin sakit hati.

•Bahwa saya harus memilih apakah menguasai sikap dan emosi, atau sikap dan emosi yang menguasai saya.

•Bahwa saya punya hak untuk marah, tetapi itu bukan berarti saya harus benci dan berlaku bengis.

•Bahwa kata-kata manis tanpa tindakan adalah saat perpisahan dengan orang yang saya cintai.

•Bahwa orang-orang yang saya kasihi justru sering diambil segera dari kehidupan saya.

Love doesn’t make the world go round. Love is what make the ride worth while.
Have Nice learnig..Just as Like me..Had you realised to understand about this Hard Life??
Just do it, With what you do!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar